Senin, 29 Desember 2008

TIME MANAGEMENT (MANAJEMEN WAKTU)





Preface
Orang Yang Tidak Mampu Mengelola Waktu Dengan Baik Akan Menciptakan ‘Stress’ Yang Tidak Perlu, Mendapatkan Hasil Yang Kurang Optimal dan Mengahancurkan Kesempatan Untuk Sukses.
Mereka Yang Mengelola Waktu Dengan Efektif Bekerja Dengan Lebih ’Cerdik’ Akan Membantu Meningkatkan Hasil dan Merupakan Asset Yang Bernilai Untuk Umat.
Karakteristik Waktu
• Waktu Tidak Dapat Diganti
• Waktu Tidak Elastis
• Waktu Tidak Dapat Dibalik
• Waktu Sifatnya Personal

Waktu Adalah Sumber Daya Yang Unik

Manfaat Menggunakan Waktu
• Perencanaan Masa Depan
• Mendalami Hobby
• Komunikasi – Meningkatkan Hubungan Antar Pribadi
• Bersantai
• Berpikir Mencari Peluang Atau Tantangan Baru
• Meraih Manfaat Penyelesaian Kegiatan Yang Bersifat Jangka Panjang

Definisi
Manajemen Waktu = Suatu proses pribadi dan harus sesuai dengan gaya
& lingkungan anda sendiri, Untuk merubah kebiasaan perlu
komitmen yang kuat.

• Memanfaatkan analisa dan perencanaan
• Mengetahui masalah yang dihadapi
• Menggunakan waktu serta apa konsekuensinya


Perencaan Yang Baik Mencakup :
 Menetapkan Sasaran
 Menetapkan Sumber Daya Yang Diperlukan
 Menentukan Penanggungjawab (Siapa Yang Akan Melakukan Apa)
 Menyusun Langkah Tindakan
 Menjadwal Langkah Tindakan
 Memilih Saat Mulai Yang Memungkinkan Pencapaian Sasaran Sesuai Tanggal Yang Diinginkan
 Menyiapkan Titik-Titik Pengukuran Hasil & Peninjauan Kembali
Menetapkan Prioritas Dengan Metode ABC :
”A” = Harus Dilakukan
Perintah Atasan, Permintaan Penting Dari Pelanggan, Batas Waktu Yang Mendesak
”B” = Sebaiknya Dilakukan
Tidak Menyangkut Batas Waktu Kerja Yang Kritis, Pekerjaan Yang Membantu Peningkatan Kinerja Tetapi Tidak Mutlak Perlu
”C” = Baik Bila Dilakukan
Kategori Ini Dapat Ditunda, Dihapuskan Atau Dijadwalkan Pada Saat Lowong

Kriteria Untuk Menetapkan Prioritas
 Penilaian / Judgement
 Relativitas
 Kapan / Batas Waktu
(Ada Faktor Subjektivitas)

Pemborosan Waktu Terbesar

 Gangguan Telepon
 Tamu Yang Datang Tanpa Perjanjian
 Rapat Yang Tidak Terjadwal
 Tidak Adanya Tujuan, Prioritas & Perencanaan
 Pendelegasian Yang Tidak Efektif
 Tidak Jelasnya / Tidak Adanya Komunikasi
 Tidak Mampu Untuk Mengatakan ’Tidak’
 Tanggung Jawab / Wewenang Yang Membingungkan
 Tidak Menyelesaikan Tugas
 Tidak Adanya Disiplin Diri

0 komentar:


Free Blogger Templates by Isnaini Dot Com. Supported by Used Car Pictures. Powered by Blogger