Rabu, 14 Januari 2009

Cristiano Ronaldo Rebut Semua Gelar Individu Terbaik 2008




Musim 2008 benar-benar menjadi milik Cristiano Ronaldo. Bintang Manchester United asal Portugal itu menguasai berbagai ajang pemilihan pemain terbaik. Terakhir, Ronaldo dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Dunia 2008 versi FIFA di Zurich, Swiss, kemarin dini hari (13/1).

Sebelumnya, Ronaldo meraih European Golden Shoe atau Sepatu Emas Eropa atas koleksi 42 gol bersama United musim lalu. Dia juga merebut FIFPro World Player of the Year yang notabene pilihan asosiasi pesepak bola seluruh dunia dan Ballon d'Or (pemain terbaik Eropa).

Tak ketinggalan, dia pun meraih gelar World Soccer Player of the Year. Yakni, penghargaan dari majalah sepak bola dunia terkenal asal Inggris, World Soccer, yang berafiliasi dengan media sepak bola top Eropa seperti A Bola (Portugal), Don Balon (Spanyol), Kicker (Jerman), La Gazzetta dello Sport (Italia), hingga Sport Express (Rusia).

Gelar pemain terbaik dunia FIFA 2008 ditahbiskan kepada Ronaldo seusai meraih suara terbanyak hasil pilihan pelatih dan kapten timnas negara-negara pilihan anggota FIFA. Pemain kelahiran Funchal, Madeira, 23 tahun lalu itu meraup 935 poin atau ditempatkan di posisi pertama oleh 136 pemilih.

Ronaldo unggul jauh dari penyerang Argentina dan Barcelona, Lionel Messi, yang mengemas 678 poin. Disusul Fernando Torres (Spanyol/Liverpool) dengan 203 poin. Pemenang tahun lalu, Kaka (Brazil/AC Milan), berada di posisi keempat (183), disusul gelandang timnas Spanyol dan Barcelona Xavi Hernandez dengan 155 poin.

Konfigurasi tiga besar pemain terbaik dunia FIFA ini sama dengan hasil Ballon d'Or pada 2 Desember lalu. Hal itu meneruskan anggapan bahwa pemain terbaik Eropa bakal menjadi pemain terbaik dunia. Empat edisi terakhir membuktikannya.

"Penghargaan ini sangat luar biasa dan spesial. Saya berterima kasih kepada ibu (Maria Dolores dos Santos) dan saudara perempuan saya (Elma dan Liliana Catia) karena berjasa besar atas karir saya," kata Ronaldo seusai menerima trofi dari legenda sepak bola Brazil Pele sebagaimana dikutip Associated Press.

Ronaldo adalah pemain ke-18 yang meraih gelar terbaik dunia FIFA sejak bintang Jerman Lothar Matthaeus pada 1991. Di Portugal, Ronaldo menjadi pemain kedua yang merebut gelar tersebut setelah Luis Figo pada 2001. Tapi, yang paling membanggakan bagi CR7 -julukan Ronaldo- adalah dia menjadi pemain pertama dari pentas Premier League Inggris yang meraih gelar bergengsi tersebut.

"Jika saya menang, ini kemenangan bagi fans Inggris. Premier League dalam beberapa tahun terakhir telah menjadi liga yang tangguh tanpa mengesampingkan kualitas Spanyol (Liga Primera) dan Italia (Serie A)," ujar Ronaldo sebelum acara seremoni kepada Daily Mail.

Dia juga memberikan apresiasi kepada Sir Alex Ferguson, pelatih United. Di mata Ronaldo, Ferguson adalah salah seorang figur atas kesuksesan karirnya sejak bergabung dengan The Red Devils -julukan United- pada musim panas 2003 dari Sporting Lisbon.

"Pelatih adalah bagian penting karena saya belajar banyak dari Ferguson. Saya beruntung bisa menjadi bagian sejarah Manchester United," tuturnya kepada Sportinglife.

Ronaldo berharap agar performanya tidak akan turun di 2009, mengingat banyak pendahulunya yang mengalami siklus tersebut. Di awal musim ini, Ronaldo sempat absen 1,5 bulan karena menjalani operasi engkel kanan. ''Saya berharap bisa tetap meraih gelar-gelar di 2009,'' tandas pemain yang sudah mengoleksi sepuluh gol dari 25 laga bersama United musim ini.



Rekapitulasi FIFA World Player Gala 2008

Pemain Terbaik Dunia Pria: Cristiano Ronaldo

Pemain Terbaik Dunia Wanita: Marta

Fair Play Award: Federasi Sepak Bola Armenia dan Turki

Special Award: Federasi Sepak Bola Palestina

The Presidential Award: Sepak Bola Wanita (timnas AS)


Sumber : jawapos.co.id

0 komentar:


Free Blogger Templates by Isnaini Dot Com. Supported by Used Car Pictures. Powered by Blogger